Sistem Pakar berasal dari dua kata yaitu sistem dan pakar. Sistem
adalah beberapa elemen yang di tekankan adalah efektifitas(untuk
mencapai suatu tujuan). Pakar adalah seseorang yang ahli pada suatu
bidang.
Sistem pakar (expert system) secara umum adalah sistem yang berusaha
mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat
menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Atau
dengan kata lain sistem pakar adalah sistem yang didesain dan
diimplementasikan dengan bantuan bahasa pemrograman tertentu untuk dapat
menyelesaikan masalah seperti yang dilakukan oleh para ahli. Diharapkan
dengan sistem ini, orang awam dapat menyelesaikan masalah tertentu baik
‘sedikit’ rumit ataupun rumit sekalipun ‘tanpa’ bantuan para ahli dalam
bidang tersebut. Sedangkan bagi para ahli, sistem ini dapat digunakan
sebagai asisten yang berpengalaman.
Banyak sekali definisi lainnya tentang Sistem Pakar diantaranya :
• Sistem Pakar adalah Sistem perangkat lunak komputer yang menggunakan
ilmu, fakta, dan teknik berpikir dalam pengambilan keputusan untuk
menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan
oleh tenaga ahli yang bersangkutan.
• Sistem Pakar adalah suatu perangkat lunak komputer berisi pengetahuan
yang disimpan untuk memecahkan suatu permasalahan dalam suatu bidang
spesifik dengan cara hampir sama dengan seorang tenaga ahli.
Pengetahuan datang dari satu rangkaian percakapan yang lalu di
kembangkan dari beberapa tenaga ahli suatu sistem.. Sistem tersebut
menerima pengetahuan yang berisi suatu masalah dari seorang pengguna.
• Sistem Pakar adalah suatu perangkat lunak komputer yang dirancang
untuk memberikan pemecahan masalah suatu tenaga ahli didalam suatu
bidang. Sistem Pakar terdiri atas suatu dasar pengetahuan(informasi,
heuristik, dll.), mesin kesimpulan(untuk meneliti dasar pengetahuan),
dan alat penghubung (input dan output). Cara yang memimpin ke arah
pengembangan Sistem Pakar adalah berbeda dari teknik programan
konvensional.
• Sistem pakar ialah sistem yang mewakilkan pengetahuan manusia dalam
bentuk program komputer dan menggunakan pengetahuan tersebut dalam
penyelesaian masalah; mensimulasikan bagaimana pakar menyelesaikan
masalah.
• Sistem Pakar adalah program kecerdasan buatan (artificial
intelligence) yang menggabungkan basis pengetahuan (knowledge base)
dengan mesin inferensi. Basis pengetahuan dalam sistem pakar berupa
suatu aturan yang diperoleh dari pengalaman atau dari seorang pakar pada
bidang keahlian tertentu. Berdasarkan basis pengetahuan yang ada,
digunakan mesin inferensi untuk mengenerate solusi terhadap domain
permasalahan yang akan dipecahkan.
Perbandingan sistem konvensional dengan sistem pakar sebagai berikut
(Kusumadewi, 2003):
a. Sistem Konvensional
1. Informasi dan pemrosesan umumnya digabung dalam satu program sequential
2. Program tidak pernah salah (kecuali pemrogramnya yang salah)
3. Tidak menjelaskan mengapa input dibutuhkan atau bagaimana hasil diperoleh
4. Data harus lengkap
5. Perubahan pada program merepotkan
6. Sistem bekerja jika sudah lengkap.
b. Sistem Pakar
1. Knowledge base terpisah dari mekanisme pemrosesan (inference)
2. Program bisa melakukan kesalahan
3. Penjelasan (explanation) merupakan bagian dari ES
4. Data tidak harus lengkap
5. Perubahan pada rules dapat dilakukan dengan mudah
6. Sistem bekerja secara heuristik dan logik
Suatu sistem dikatakan sistem pakar apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut (Kusumadewi, 2003):
1. Terbatas pada domain keahlian tertentu
2. Dapat memberikan penalaran untuk data-data yang tidak pasti
3. Dapat mengemukakan rangkaian alasan-alasan yang diberikannya dengan cara yang dapat dipahami
4. Berdasarkan pada kaidah atau rule tertentu
5. Dirancang untuk dikembangkan sacara bertahap
6. Keluarannya atau output bersifat anjuran.
Adapun banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan mengembangkan sistem pakar, antara lain (Kusumadewi, 2003):
1. Masyarakat awam non-pakar dapat memanfaatkan keahlian di dalam bidang tertentu tanpa kesadaran langsung seorang pakar
2. Meningkatkan produktivitas kerja, yaitu bertambahnya efisiensi pekerjaan tertentu serta hasil solusi kerja
3. Penghematan waktu dalam menyelesaikan masalah yang kompleks
4. Memberikan penyederhanaan solusi untuk kasus-kasus yang kompleks dan berulang-ulang
5. Pengetahuan dari seorang pakar dapat dikombinasikan tanpa ada batas waktu
6. Memungkinkan penggabungan berbagai bidang pengetahuan dari berbagai pakar untuk dikombinasikan.
Selain banyak manfaat yang diperoleh, ada juga kelemahan pengembangan sistem pakar, yaitu (Kusumadewi, 2003):
1. Daya kerja dan produktivitas manusia menjadi berkurang karena semuanya dilakukan secara otomatis oleh sistem
2. Pengembangan perangkat lunak sistem pakar lebih sulit dibandingkan dengan perangkat lunak konvensional.
Tujuan pengembangan Sistem Pakar adalah :
1. Mempermudah kerja tenaga ahli
2. Mengganti tenaga ahli
3. Menggabungkan kempampuan tenaga ahli
4. Training tenaga ahli
5. Mengurangi resiko pada pekerjaan yang berbahaya
6. Menyediakan ahli pada bidang pekerjaan “kering”
Komponen dalam Sistem Pakar meliputi :
1. Ahli sebagai sumber pengetahuan
2. Basis pengetahuan
3. Mesin informasi
4. Fasilitas pengetahuan dan justifikasi
Semua Sistem Pakar terdiri dari sebuah alat penghubung (input dan
output), suatu database, suatu dasar pengetahuan, dan suatu mekanisme
kesimpulan. Lebih dari itu, pengembangan Sistem Pakar pada umumnya
berproses melalui beberapa tahap yang mencakup pemilihan masalah,
didapatnya pengetahuan, penyajian pengetahuan, programming, evaluasi dan
pengujian.
Bagian dari Sistem Pakar yang menarik adalah kemampuan perangkat lunak
untuk meninjau ulang suatu konsultasi dan menyediakan suatu penjelasan
kepada pemakai bagaimana caranya memperoleh kesimpulan. Fungsi
penjelasan yang sangat utama adalah suatu catatan yang menyangkut
proses pemikiran yang digunakan oleh tenaga ahli untuk memecahkan
masalah itu. Sistem Pakar menyediakan suatu pemahaman yang lebih baik
bagaimana kesimpulan dicapai sehingga kepercayaan pemakai akan lebih
besar dalam mengambil kesimpulan menggunakan Sistem Pakar. Akumulasi
fakta akan diperkenalkan ketika suatu penjelasan diminta. Biasanya
penjelasan yang diminta yaitu bagian dari perangkat lunak atau bagian
luar dari pengembangan.
Tools perangkat lunak yang dikembangkan memberikan keleluasaan pada
perekayasa pengetahuan untuk memasukkan himpunan aturan pada basis
pengetahuan, dan diperolehnya suatu solusi berdasarkan basis pengetahuan
yang ada. Sehingga Tools Sistem Pakar yang dibuat dalam penelitian ini
dapat digunakan untuk memecahkan berbagai macam domain permasalahan.
Mesin informasi di atas merupakan mesin yang dapat berpikir dengan
cermat dan tepat untuk pencapaian suatu keputusan yang diambil melalui
pengetahuan, yakni komputer. Jadi Sistem Pakar dapat kita definisikan
sebagai suatu sistem perangkat lunak yang menggunakan ilmu, fakta dan
teknik berpikir dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan
masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh tenaga kerja
ahli dalam bidang yang bersangkutan. Ahli disini melakukan pemindahan
ilmu pengetahuan(akuisisi ilmu pengetahuan) yang dia miliki kepada suatu
sistem yang di berada pada sebuah perangkat lunak komputer. Sistem
Pakar ini sudah banyak di gunakan untuk membantu manusia dalam bidang
manajerial.
Beberapa kategori dari Sistem Pakar adalah :
1. Interpretasi – penganalisisan data untuk menjelaskan suatu data.
Contoh: DENDRAL
2. Diagnosis – proses mendiagnosis sesuatu (pendeteksian penyakit untuk makhluk hidup) berdasarkan data.
Contoh : MYCIN
3. Pemantauan – secara terus menerus menginterpretasi isyarat(signal) dan bertindak jika intervensi diperlukan.
Contoh VM – pemantauan pesakit dengan menggunakan alat pernafasan khas.(common-sense).
4. Ramalan – membuat ramalan masa hadapan berdasarkan model lepas atau sedia ada
Contoh:sistem dalam peramalan saham
5. Perancangan (planning) – satu program tindakan yang dilakukan untuk mencapai keputusan
Contoh: perancangan dalam genetik molekul
6. Reka bentuk – penghasilan spesifikasi untuk membina objek yang memenuhi keperluan tertentu.
Contoh: rekabentuk digital circuit
Contoh Implementasi dari Sistem Pakar
Aplikasi Sistem Pakar di Bidang Kesehatan
Pengembangan sebuah sistem pakar dapat dilakukan dengan 2 cara. Cara
pertama adalah dengan membangun sendiri semua komponen di atas,
sedangkan cara kedua adalah dengan memakai semua komponen yang sudah
ada, kecuali isi basis pengetahuan. Penggunaan cara kedua disebut
sebagai membangun sistem pakar dengan shell.
E2gLite adalah sebuah shell sistem pakar yang dikembangkan oleh
Expertise2Go yang berbasis internet dan dilengkapi applet Java. E2gLite
memberikan kemudahan dalam hal pembangunan sistem pakar serta
pelaksanaan konsultasi oleh pengguna. Basis pengetahuan
berupa file teks yang berisi fakta dan aturan yang dapat dibuat dengan
editor teks dan disimpan sebagai file *.kb, sedangkan pengguna cukup
menggunakan browser umum yang memiliki fitur Java seperti Netscape
Navigator dan Internet Explorer. Jika Internet Explorer yang terinstall
tidak mempunyai fitur Java, dapat ditambah dengan menginstall Microsoft
Virtual Machine Proxy Server. E2gLite dapat didownload dari
http://www.Expertise2go.com secara gratis.
Kelebihan e2gLite terletak pada kemudahan akses dan penggunaannya.
Kemudahan akses, karena e2gLite yang berisi applet Java dan basis
pengetahuan dapat didownload ke browser pengguna. Kemudahan penggunaan,
karena suatu applet Java sangat mudah untuk diikutsertakan didalam
sebuah halaman web sebagai objek grafis, dan dapat disisipkan ke
dalam sebuah sel dalam tabel HTML untuk memfasilitasi pengaturan halaman
secara fleksibel serta integrasi sistem pakar dengan halaman web yang
lain. Namun demikian e2gLite juga memiliki kekurangan, antara lain waktu
startup yang lama, sehingga lebih cocok untuk sistem pakar berskala
kecil dengan basis pengetahuan yang mengandung kurang dari 100 aturan.
Kekurangan kedua, adalah basis pengetahuan yang berupa file teks dapat
dibaca oleh siapapun karena bersifat publik atau dapat diakses oleh
siapapun. Dengan demikian desain dari basis pengetahuan sistem pakar
yang dibuat tidak dapat dijaga kerahasiaannya. Kekurangan lainnya
berhubungan dengan kompatibilitas browser. Microsoft telah mengumumkan
pemisahan antara JVM (Java Virtual Machine) dari versi Internet Explorer
yang diinstall mulai sistem operasi Windows XP. Hal ini akan
menyebabkan semua halaman web yang mengandung applet menjadi gagal untuk
diakses, kecuali pengguna secara khusus menginstall JVM.
Aplikasi Sistem Pakar di bidang Manajerial
1. Analisis
o Interpretasi
• Analisa pasar untuk komoditi tertentu
• Identifikasi media iklan yang sesuai
• Identifikasi kebutuhan pelatihan
o Diagnostik
• Diagnosa kelesuan perusahaan dan usaha penyembuhan
2. Sintesa
o Penarikan tenaga kerja
o Strategi penentuan harga
o Strategi pengembangan produk
3. Integrasi
o Prediksi perkembangan nilai pada bursa saham efek
Salah satu bagian dari Sistem Pakar adalah kemampuan untuk menjelaskan
sebuah pemikiran. Pada saat sistem ini mengingat rantai pemikiran
logisnya, seorang pemakai boleh meminta suatu penjelasan dari suatu
masalah dan sistem akan meberikan beberapa faktor yang berhubungan
dengan masalah yang ditanyakan oleh pengguna itu. Bagian ini
meningkatkan kepercayaan para pemakai didalam memecahkan masalah
menggunakan Sistem Pakar.
Aplikasi Sistem Pakar Dalam Bidang Farmakologi Dan Terapi
Implementasi sistem pakar dalam bidang farmakologidan terapi sebagai
pendukung pengambilan keputusan berbasis web dibuat dengan dasar
pemikiran sebagai berikut : farmakologi dan terapi merupakan suatu
sistem yang besar dan komplek. Tugas farmakologi dan terapi adalah
mencari dasar penggunaan obat secara rasional untuk tindakan medis yang
tepat, cepat dan akurat pada saat diperlukan. Dasar penggunaan obat
tersebut disesuaikan dengan diagnosis penyakit yang dilakukan secara
cermat berdasarkan keluhan-keluhan yang
dirasakan oleh pasien. Implementasi farmakologi dan terapi di lapangan
secara konvensional dituangkan dalam buku panduan yang dikeluarkan oleh
dokter yang bersangkutan dan dilaksanakan oleh pihak-pihak yang
bertanggungjawab terhadap masalah farmakologi dan
terapi. Kenyataannya dengan menggunakan buku panduan terdapat beberapa kelemahan diantaranya :
• Prosedur yang tertulis sangat baku sehingga memasung inovasi dan improvisasi operator.
• Perlu dilakukan revisi secara berkala menyesuaikan kondisi yang ada.
• Kurang komunikatif bagi para operator yang belum berpengalaman.
Kelemahan seperti ini menyebabkan tidak jarang para operator
melaksanakan tugasnya hanya didasarkan pada pengetahuannya
masing-masing, padahal tidak ada
jaminan mereka memiliki kemampuan yang sama (Prakasa, 1996), khususnya
dalam hal farmakologi dan terapi. Oleh karena itu perlu dibuat suatu
sistem pengolah informasi yang berkecerdasan untuk membantu tugastugas
dokter dalam mendiagnosis suatu penyakit pada saat diperlukan untuk
kemudian diambil keputusan penggunaan obat yang sesuai.
Implementasi sistem pakar dalam bidang farmakologi dan terapi sebagai
pendukung pengambilan keputusan berbasis web diharapkan dapat digunakan
untuk mendukung terciptanya sistem informasi berkecerdasan berbasis
komputer dalam bidang kesehatan yang
mendudukkan paramedis non dokter dan mahasiswa kedokteran sebagai dokter
pada saat diperlukan dan membantu tugas-tugas dokter dalam memberikan
pelayanan kesehatan pada masyarakat.
Secara garis besar sistem pakar dalam bidang farmakologi dan terapi
dibuat dengan tuntutan untuk melakukan tugas sebagai berikut : (1).
Mengambil datadata hasil pemeriksaan kondisi pasien, (2). Memasukan dan
membandingkan data-data tersebut ke dalam kaidahkaidah yang telah
dituliskan dalam basis pengetahuan, (3). Mendeskripsikan kondisi pasien
berdasarkan kesimpulan yang didapat dari hasil membandingkan seperti
yang telah
dilakukan pada tugas (2). Deskripsi kondisi pasien sebagai output sistem
pakar dalam bidang farmakologi dan terapi memuat kondisi umum pasien,
diagnosis penyakit dan terapi-terapi yang dapat dilakukan, baik dengan
obat, herbal maupun suplemen.
Implementasi sistem pakar dalam bidang farmakologi dan terapi sebagai
pendukung pengambilan keputusan berbasis web merupakan suatu program
yang terdiri dari dua jenis program. Kedua jenis program tersebut adalah
program konvensional dan program sistem pakar. Program konvensional
digunakan untuk proses iterasi dan untuk mengolah basis data, sedangkan
program sistem pakar digunakan dalam proses inferensial dan untuk
mengolah basis pengetahuan.
Aplikasi Sistem Pakar Dalam Bidang Psikologis
Salah satu implementasi yang diterapkan sistem pakar dalam bidang
psikologi, yaitu untuk sistem pakar menentukan jenis gangguan
perkembangan pada anak. Anak-anak merupakan fase yang paling rentan dan
sangat perlu diperhatikan satu demi satu tahapan perkembangannya. Contoh
satu bentuk gangguan perkembangan adalah conduct disorder. Conduct
disorder adalah satu kelainan perilaku dimana anak sulit membedakan
benar salah atau baik dan buruk, sehingga anak merasa tidak bersalah
walaupun sudah berbuat kesalahan. Dampaknya akan sangat buruk bagi
perkembangan sosial anak tersebut. Oleh karena itu dibangun suatu sistem
pakar yang dapat membantu para pakar/psikolog anak untuk menentukan
jenis gangguan perkembangan pada anak dengan menggunakan metode
Certainty Factor (CF).
Contoh lain implementasinya adalah tes kepribadian. aplikasi tes
kepribadian berbasiskan sistem pakar ini, lebih mudah dan lebih cepat
dalam proses pengukuran kepribadian dibandingkan metode terdahulu,
sehingga memberikan banyak keuntungan dari segi penghematan waktu,
tenaga, dan memudahkan kinerja user (pemakai) dalam mengukur
kepribadiannya masing-masing. Selain itu aplikasi tes kepribadian ini
dikemas dengan tampilan yang cukup menarik.
Bagi masyarakat yang ingin mengetahui ukuran kepribadiannya, mereka
dapat menggunakan aplikasi ini sebagai referensi, dan bagi para
mahasiswa khususnya mahasiswa psikologi, aplikasi ini dapat dijadikan
tambahan untuk mendukung studi mereka terutama untuk sub bidang
pengukuran kepribadian.
Namun demikian, aplikasi tes kepribadian berbasiskan sistem pakar ini
tidak bisa menggantikan seorang ahli karena dia pakar di bidangnya.
Aplikasi sistem pakar ini hanyalah alat bantu yang sangat bergantung
pada data-data yang di-input oleh seorang programmer sehingga aplikasi
sistem pakar ini haruslah selalu dikembangkan.
Tools yang disediakan oleh Visual Basic.NET 2008 sudah sangat
mengakomodir dalam proses pembuatan aplikasi ini. Selain itu, Visual
Basic.NET 2008 dapat dengan baik melakukan koneksi database ke sql
server.
Pengetahuan di dalam Sistem Pakar
Pengetahuan yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah harus
dipaparkan sehingga dapat digunakan untuk menuliskan kode ke dalam
komputer dan kemudian dapat dilakukan pengambilan keputusan oleh Sistem
Pakar. Ada berbagai metoda formal untuk mewakili pengetahuan dan pada
umumnya karakteristik dari suatu masalah tertentu akan menentukan teknik
penyajian yang sesuai mempekerjakan.
Dasar pengetahuan salah satunya didapatkan dari aturan produksi
perusahaan. Aturan ini terdiri dari suatu pendapat atau kondisi yang
diikuti oleh suatu kesimpulan atau tindakan(contoh : IF kondisi THEN
tindakan). Aturan produksi mengijinkan hubungan dasar pengetahuan untuk
dipecahkan ke dalam unit yang dapat dikendalikan. Suatu dasar
pengetahuan yang terdiri dari ratusan atau beribu-ribu aturan dapat
menyebabkan suatu masalah dengan organisasi dan manajemen aturan itu.
Pengaturan visualisasi dan aturan saling behubungan, mereka dapat
dipenuhi sampai jaringan ketergantungan.
Sepanjang konsultasi aturan dasar, dikemukakan kondisi-kondisi yang
dapat memuaskan pemakai. Operasi ini dilakukan oleh mesin pengambil
kesimpulan. Suatu ketika semua kondisi-kondisi ( yaitu. IF bagian-bagian
dari aturan) dari suatu aturan sesuai, aturan dieksekusi dan kesimpulan
yang sesuai ditarik. Berdasarkan Atas kesimpulan dan fakta yang
diperoleh selama konsultasi, mekanisme kesimpulan menentukan pertanyaan
yang (mana) akan ditanyakan dan di pesan apa yang ditampilkan. Ada
berbagai metoda inferencing tersedia untuk melaksanakan tugas pencarian,
menyesuaikan, dan eksekusi. Suatu karakteristik Sistem Pakar yang
berbeda dari perangkat lunak konvensional adalah kemampuan mereka untuk
memperbaiki kekurangan atau kesalahan data.
Dalam sepuluh tahun terakhir, perangkat lunak komputer berbasis
kecerdasan buatan yang disebut Sistem Pakar sudah menerima banyak
perhatian. Karena perangkat lunak ini sudah banyak di gunakan untuk
memecahkan permasalahan yang berhubungan didalam suatu bidang. Contohnya
meliputi sistem komputer disain, perbaikan lokomotif, dan cloning gen.
Pada jaman sekarang ini perangkat lunak komputer yang paling sering
digunakan adalah suatu Sistem Pakar yang memiliki friendly user
interface. Interface ini tidak membuat kerja sistem itu menjadi lambat,
tetapi dapat memungkinkan user yang tidak memiliki pengalaman untuk
mengetahui permasalahan, pemecahan dan dapat menarik kesimpulan dari
sistem itu.
Membuat Sistem Pakar lebih mudah digunakan
Ya atau tidaknya sebuah Sistem Pakar mencapai sukses mungkin ditentukan
oleh sifat alami alat penghubung pemakainya. Ini adalah bagian dari
Sistem Pakar yang saling berhubungan dengan pemakai. Bahkan Sistem Pakar
yang paling kuat tidak akan diterapkan jika sistem itu memerlukan
terlalu banyak usaha pada pihak pemakai. Oleh sebab itu, penting untuk
membuat komputer semudah mungkin untuk dipakai oleh pemakai ketika
beroperasi. Hampir semua perangkat lunak pengembangan modern menawarkan
kapasitas yang saling berhubungan antara sistem grafik dan teks.
Kamis, 11 Desember 2014
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar